”MARKET DAY”BERDAGANG ALA ROSULULLAH

Spread the love

Rosulullah merupakan panutan utama bagi kita umat islam. Apa yang beliau lakukan memang memiliki dampak positif dalam kehidupan manusia. Salah satunya mengenai cara beliau berdagang. Jika kita mampu mengikuti jejaknya, maka insaalloh kita akan meraih kesuksesan. Nah inilah salah satu program SDIT Ar Rahmah Pacitan untuk memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada siswa dalam mengikuti jejak Rosul dengan mengadakan “Market Day”

Bertepatan dengan Hari Buruh sedunia, rabu, 1 Mei 2019 SDIT Ar Rahmah Pacitan mengadakan even besar yaitu Market Day yang bertempat di halaman Gedung YABI Pacitan. Seluruh warga sekolah ( guru,siswa,orang tua ) berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini baru pertama kali diadakan diluar sekolah.

Peserta Market Day ( penjual )adalah siswa siswi dari kelas 4 dan 5 serta para ustad dan ustazah. Sedangkan konsumen( pembelinya ) adalah seluruh warga sekolah termasuk orang tua siswa serta warga sekitar yang kebetulan mengetahui kegiatan tersebut.

Sejak pagi hari para siswa bersama wali kelas dan orang tua mereka menyiapkan barang daganganya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia. Adapun barang-barang yang dijual dalam kegiatan Market Day kali ini adalah aneka jenis makanan, minuman, dan hasil kerajinan siswa dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 1000,00-5000,00

Menurut ketua Pelaksana Market Day Siti Mutmainnah, S.Pd kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kewirausahaan/entrepreneurship pada diri anak-anak sejak dini. Selain itu pembelajaran pentingnya adalah menerapkan bagaimana berdagang yang sesuai dengan syariat islam. Hal ini selaras dengan dengan tema Market Day yaitu “Berdagang Ala Rosulullah”

Dalam kegiatan Market Day ini para siswa dituntut untuk bisa menghitung, menawarkan/memasarkan barang daganganya. Selain itu mereka juga diuji untuk mempunyai jiwa berani, pantang menyerah, dan teliti. itulah sekilas gambaran kegiatan Marjet Day tersebut , Lanjut Siti Mutmainnah.

Menurut kepala SDIT Ar Rahmah Pacitan, Sogiran, S.Pd diharapkankegiatan ini membawamanfaat dalam membangun dan menumbuhkan jiwa Entrepreneurship pada para siswa seperti yang dicontohkan oleh Rosulluloh sebagai bekal kehidupan dimasa yang akan datang.

Tak lupa Sogiran mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia ,orang tua siswa serta seluruh fihak yang terlibat dalam kesuksesan kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *