Pesantren Ceria 1433 H

Spread the love

Allahu Akbar!!. SD IT Ar rahmah Pacitan  tiap bulan puasa selalu menggelar pondhok Ramadhan.  Pondhok Ramadhan di sekolah ini  pernak-pernik kegiatan lebih variatif. Nggak cuma yang kaitanya dengan ibadah, tapi juga lomba-lomba bernuansa Islami yang seru.

Pondhok Ramadhan tahun lalu misalnya, ada lomba TTS agama, lomba menyusun huruf hijaiyah, lomba bercerita sejarah nabi, lomba hafalan surat pendek, lomba adzan, lomba mewarnai, dan sebagainya. Eh, juga  bakti social,  “ Keren banget deh, pokoknya gak bikin boring,” kata salah satu siswa.

Menurut Kepala Sekolah;Suyitno,S.PdI, pondok Ramadhan ini  bertujuan membiasakan siswa melaksanakan puasa dengan baik disertai amalan-amalan ibadah di dalamnya. “Juga membentuk siswa yang mandiri, disiplin ,salimul aqidah dan berjiwa sosial” tuturnya.

Kegiatan pondok Ramadhan di SD IT Ar Rahmah Pacitan  diikuti 322 peserta yang terbagi dalam dua termin.Termin pertama bagi kelas bawah (kelas 1-3) mulai tanggal 30 Juli-2 Agustus  .kegiatanya dimulai dari pukul 13.00 sampai tarwih.Sedangkan termin kedua bagi kelas atas (kelas 4-6) di laksanakan mulai tanggal 3-5 Agustus 2012 dengan mabit (bermalam) di sekolah.Sesuai dengan time schedule dari panitia, kegiatan ini meliputi: Rukhiyah; Serba serbi Pesantren, fiqih siyam, Tarikh tentang turunnya Al qur’an, Pembukuuan Al qur’an, keistimewaan Al qur’an, tadarus dan lomba-lomba seperti kaligrafi, MTQ, Hafalan ayat-ayat pilihan, hasta karya. ada lagi kegiatan yang bersifat jasadiyah, faniyah dan Baksos. “ Dengan begitu, siswa bisa mengetahui dan mengamalkan tausyiah yang disampaikan oleh ustad/ustadzahnya serta belajar bersosialisasi dengan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar SDIT, sehingga mereka lebih mandiri dan disiplin dalam melaksanakan ibadah,  “ terang Pak Yitno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *