Serunya Outing Class 4 Sdit Ar Rahmah Pacitan

outing
Spread the love

SDITnews. Sejumlah 112 siswa kelas IV SDIT Ar Rahmah Pacitan mengikuti program outing class di Geopark Gunung Sewu Pacitan yang berlokasi di Pancer Door, Kecamatan Pacitan (25/02/2020). Geopark Gunung Sewu yang telah menjadi salah satu dari 193 bagian Geopark di bawah UNESCO pada tahun 2015 yang lalu, merupakan salah satu geosite yang terbentang dari Gunung Kidul, Wonogiri hingga Pacitan . Di tempat ini siswa belajar untuk mengenal dan memahami keterkaitan manusia dan planetnya, meliputi geologi, biologi dan budaya serta belajar untuk memahami wilayah geologi serta potensi yang ada.

Siswa dibagi menjadi dua kelompok besar yakni kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Setiap siswa mendapatkan Lemar Kegiatan Peserta didik sebagai acuan mereka dalam melakukan kunjungan. Dalam kegiatan tersebut, setiap kelompok melakukan pengamatan langsung dan wawancara, serta bersama Pemandu, berkeliling di Geopark yang terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama berisi tentang geologi di daereah Pacitan, berupa batuan-batuan yang banyak di temukan di kawasan Pacitan. Lantai 2 dan 3 berisi tentang hubungan gelogi, manusia serta kebudayaannya yakni berupa replika-replika kerangka manusia, sisa peradaban serta benda-benda yang digunakan manusia purba.

Siswa selanjutnya diajak untuk menyaksikan presentasi tentang kawasan geologi di Pacitan serta film dokumenter. Film tersebut merupakan film dokumenter yang terdiri dari 2 bagian dengan durasi sekitar 15 menit. Berisi tentang dokumentasi wilayah geologi di Kawasan Geopark Gunung Sewu, yakni dari Gunung Kidul, Wonogiri hingga Pacitan. Siswa diajak untuk mengenal kawasan di Pacitan yang merupakan geosite sekaligus tempat-tempat wisata di Pacitan seperti pantai-pantai, goa, luweng hingga sungai dan danau.

Kegiatan outing class diakhiri dengan refreshing, yaitu melihat secara langsung bentang alam geosite di Pantai Pancer Door sekaligus makan siang di sana. Tugas lembar kerja peserta didik dikumpulkan kepada wali kelas masing-masing dan menjadi bagian dari penilaian portofolio.( red ana musdalifah)ad hum.

ayo sekolah ke Sdit Ar Rahmah Pacitan, Cerdas, Mandiri, Berakhlak Mulia, dan Berwawasan Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *